Selasa, 10 April 2012

olahraga air

Secara keseluruhan dari semua cabang olahraga yang dipertandingkan di dalam ASIAN GAMES XVI 2010 Guangzhou, perolehan medali Indonesia termasuk memprihatinkan bagi bangsa yang besar ini. Indonesia menempati posisi ke-15 pada perhelatan olahraga terbesar se-Asia tersebut. Indonesia mendapatkan empat medali emas, sembilan medali perak dan 13 medali perunggu.
Secercah kebanggaan terdapat pada cabang olahraga air. Perahu dayung merupakan salah satu olahraga air yang dipertandingkan di ASIAN GAMES ini. Olahraga air ini berasal dari tuan rumah penyelenggara ASIAN GAMES tahun 2010. Tim putra perahu naga Indonesia menyabet medali emas dari semua nomor yang dipertandingkan. Walaupun tim putri perahu naga Indonesia gagal mengawinkan perolehan medali emas. Tim perahu naga Indonesia menjadi juara umum di cabang olahraga air. ASIAN GAMES sebelumnya, tim perahu naga China menempati juara Asia. Read the rest of this entry »

Olahraga Air di Bali

Bali Indonesia memang sangat terkenal sebagai wilayah dengan banyak pantai indah. Dengan mayoritas daerah pantai menjadikan Bali Indonesia sebagai salah satu pusat olahraga air. Dan salah satu pantai yang terkenal adalah pantai kuta bali. Anda bisa melihat betapa banyak orang yang bermain sekaligus berolahraga di pantai tersebut. Dalam banyak berita olahraga, juga seringkali menyebut bali Indonesia dan kuta bali khususnya sebagai tempat untuk kompetisi berbagai olahraga air. Dengan demikian, perkembangan olahraga air di bali Indonesia memang terbilang baik dan diharapkan akan terus berkembang.
Salah satu olahraga air yang paling populer tentunya adalah olahraga renang. Hampir setiap warga bali Indonesia bisa berenang. Olahraga renang memang menjadi dasar bagi semua olahraga air. Dengan mampu berenang, Anda memiliki modal untuk bisa melakukan olahraga air yang lain. Selain olahraga air, di pantai kuta bali Indonesia juga sering diadakan perlombaan olahraga air. Berselancar salah satunya yang juga merupakan cabang olahraga air yang sangat populer di sana. Selain itu, di pantai kuta bali sering diadakan perlombaan bola voli pantai.
Di Bali Indonesia memang banyak diadakan kompetisi olahraga air baik untuk domestik maupun internasional. Kompetisi surfing, bola voli pantai, mendayung, polo air, selancar angin serta perlombaan kano menjadi pendorong berkembangnya kualitas olahraga air di Bali. Dengan demikian, pembinaan atlet khususnya atlet olahraga air juga dapat semakin ditingkatkan dengan sering mengikuti kompetisi di negeri sendiri namun dengan kualitas internasional. Selain itu, Bali Indonesia juga pernah berhasil menyelenggarakan kompetisi international Asian Beach Games.
Pembinaan bagi atlet-atlet olahraga renang khususnya dan olahraga air pada umumnya memang telah dilakukan oleh Pemerintah daerah Bali. Pembinaan tersebut salah satunya dengan meningkatkan keikutsertaan atlet dalam kompetisi olahraga air tingkat nasional dan internasional. Selain itu, mengadakan seleksi atlet juga dilakukan dalam rangka membina atlet sekaligus menumbuhkan semangat untuk berkompetisi secara sportif. Dalam suatu berita olahraga mengatakan bahwa pemerintah daerah membangun suatu kampung atlet dengan fasilitas yang lengkap dan sangat memadai untuk meningkatkan kualitas olahraga air di bali. Dengan kampung atlet ini, diharapkan atlet dapat mempersiapkan diri mereka dengan maksimal sebelum bertanding serta mendapatkan pembekalan yang baik.

Kegembiraan Memiliki Jet Ski

Banyak macam dan jenis olahraga air yang menurut sebagian kalangan adalah olahraga penuh tantangan dan membutuhkan adrenalin atau rasa keberanian yang lebih dibanding olahraga biasa lainnya. Setiap olahraga air membutuhkan persiapan fisik dan perlengkapan yang matang, selain itu seseorang yang hendak ingin olahraga air terlebih dahulu memeriksakan kesehatan fisik mereka agar ketika melakukan olahraga air seperti jet ski dan speed boat tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
Di Indonesia olahraga air jet ski dan speed boat masih dianggap bagian dari olahraga untuk kalangan menengah atas, dengan mahalnya beberapa perlengkapan olahraga air ini seperti perahu jet ski dan speed boat. Selain itu olahraga air ini pun dilakukan dan ada hanya di beberapa tempat saja. Di Bali olahraga air ini akan sering kita temukan khsusnya di pantai Kute dan beberapa tempat lainnya. Sedangkan di Jakarta kita bisa melihat dan menyaksikan olahraga air ini di sekitar Danau Kemayoran dan Ancol.
Jet Ski merupakan nama sebuah merek dari perahu pribadi yang diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries yang kemudian perkembangannya menjadi salah satu cabang olahraga air. Sedangkan speed boat merupakan perahu yang sering digunakan tim penyelamat khsusnya tim sar ketika terjadi bencana alam seperti banjir. Contoh kecil saat bencana Tsunami mengguncang Aceh kita dapat melihat banyaknya speed boat yang  digunakan untuk menolong ribuan korban jiwa yang terbawa dan hanyut tergerus ombak. Tentunya dengan adanya speed boat ini tim penyelamat dapat terbantu dan memudahkan mereka mengevakuasi korban pada saat itu.
Jet Ski dan speed boat pada dasarnya hal yang sama, tetapi dalam realitanya memiliki perbedaan dalam penggunaanya dan pemakaiannya. Dari perkembangannya sejak awal diperkenalkannya jet ski saat sekarang ini dengan semakin majunya tekhnologi yang berkembang semakin berbeda. Perahu kecil ini menjadi impian setiap orang, apalagi jika kita benar-benar sudah memilikinya, karena dengan perahu kecil ini kita dapat berpetualang mengitari pulau dan sungai.

1 komentar:

  1. Bagaimana ya gan utk mengurangi tingkat kecederaan/kecelakaan yang akan dialami oleh pesenam saat melakukan gerakan senam? Dan apakah baju senam terbaru utk skrng ini syudah memenuhi standart yang sesuai untuk digunakan seorang pesenam? Terima kasih ^^

    BalasHapus